** Yang Diingat Akan Hilang – Yang Ditulis Akan Abadi **

desa-kota

Perbedaan Desa dan Kelurahan?

in Desa Pintar by

Selama ini (mungkin) ada beberapa dari kita yang masih ragu tentang adanya istilah Desa dan Kelurahan. Adakah perbedaan? Pastinya ada.

Walaupun secara level hampir sama. Apa perbedaan desa dan kelurahan, karena kita ketahui keduanya sama-sama merupakan unsur pemerintahan yang paling rendah atau kecil dan berhubungan langsung dengan masyarakat/rakyat. OK silahkan simak perbedaannya

Apa Itu Desa?
Desa atau dalam bahasa inggrisnya Village adalah kesatuan wilayah yang mempunyai organisasi pemerintah terendah langsung di bawah kecamatan yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang mempunyai sistem pemerintahan sendiri. Terdiri dari Dusun yang dipimpin Kepala Dusun (Kadus), kemudian ada RW didalamnya dan RT menjadi komunitas terakhir.

Bahkan, terkadang jika dirunut sebagai keturunan sebuah desa adalah satu marga atau beberapa. Sehingga antara warga satu dengan yang lain sebenarnya masih ada pertalian darah.

Desa juga merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat sekitar, berdasarkan adat istiadat dan asal-usul setempat yang dihormati dan diakui dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa Itu Kelurahan?
Kelurahan adalah daerah pemerintahan terendah langsung di bawah kecamatan yang terletak di tingkat paling rendah dan dipimpin oleh seorang lurah. Kelurahan juga merupakan wilayah gabungan dari beberapa RW (Rukun warga).

Kelurahan ialah unit pemerintahan terkecil setingkat dengan Desa. Hak mengatur kelurahan terhadap wilayahnya lebih terbatas jika dibandingkan dengan desa. Dalam perkembangannya, sebuah desa dapat diubah statusnya menjadi kelurahan.

Apa Perbedaan Desa dan Kelurahan?

perbedaan desa dan kelurahan

Demikian perbedaan sebuah desa dan kelurahan. Dan saat ini sebuah wilayah rasa “desa” mau tidak mau harus bersifat menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan jaman.

Sangat mungkin nantinya secara fisik wilayah desa dan kelurahan tak ada beda. Hanya statusnya saja 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Desa Pintar

E-government untuk Desa

E-Government adalah sebuah penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk tatakelola sebuah pemerintahan
Go to Top