Semua Yang Diingat Akan Hilang – Dan Yang Ditulis Abadi

Statistik Tren Internet dan Media Sosial 2019 di Indonesia

in Teknologi by

Data terbaru yang dirilis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Desember 2018 mencatat saat ini ada 3,9 miliar orang atau lebih dari setengah populasi dunia telah menggunakan internet. Angka ini untuk pertama kalinya melebihi setengah populasi dunia. Komisi Telekomunikasi Internasional (International Telecommunication Union/ ITU) memprediksi hingga akhir 2018 pengguna internet mencapai 51,2 persen di seluruh dunia. Sedangkan untuk Indonesi, bagaimana perkemabngan datanya?

Populasi penduduk : 268,2 Juta
Pengguna Internet dan sosial media : 150 Juta
Penetrasi pengguna Internet dan sosial media : 56%
Rerata akses Internet pengguna dalam sehari : 8 jam 36 menit

Platform Media Sosial Paling Aktif :

  • 88% Youtube
  • 83% Whatsaap
  • 81% Facebook
  • 80% Instagram
  • 59% Line

Proyeksi Tren Digital Marketing 2020 :

1. Voice Search
Tingginya aktivitas penggunaan telepon pintar belakangan memantik tren penggunaan pencarian via suara (voie search). Di sejumlah negara maju seperti Amerika Serikat, pengguna telepon pintar mulai aktif memanfaatkan Siri, Alexa, dan sebagainya.

2. Shooppable Post
Sejumlah media sosial beberapa tahun lalu merilis fitur yang memungkinkan pengguna bisa langsung berbelanja setelah melihat sebuah unggahan yang menarik. Seiring perkembangan media sosial, utilisasi menjadi yang memudahkan aktivitas belanja pengguna ini bakal jadi hal lumrah tahun depan.

3. Teknologi AR/VR
Teknologi (AR) dan (VR) kian populer beberapa waktu terakhir. Ikea baru saja memanfaatkan AR untuk aplikasinya. Perusahaan asal Swedia inimemberikan proyeksi virtual lewat foto kepada calon pembeli yang ingin melihat aplikasi produk furnitur idamannya ketika diletakkan di sebuah tempat.

4. Konten Interaktif
91% pengguna media sosial menginginkan konten daring lebih interaktif pada 2020. Pemasar digital fokus mengupayakan pengalaman anyar kepada targetnya lewat shoppable post, AR/VR, video 360 derajat, kuis dan sebagainya.

Sumber: We Are Social Indonesian Digital Report 2019,theedigital.com)

statistik-data-internet-2019-2020-digital-indonesia-akses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest from Teknologi

Go to Top