wa versus telegram vs signal perbandingan

Melirik Aplikasi Telegram dan Signal Messeger

in Teknologi by

Kebijakan privasi terbaru yang diberlakukan WhatsApp menimbulkan kontroversi karena dianggap akan mengganggu privasi data pengguna. WhatsApp dalam keterangan tersebut mengatakan, kebijakan privasi tidak berpengaruh terhadap percakapan, baik pribadi maupun dalam grup.

Kebijakan privasi terbaru ini, WhatsApp mengatakan, hanya berlaku untuk percakapan dengan akun WhatsApp Business yang menggunakan API WhatsApp Business dan memilih penyedia hosting di luar WhatsApp. Bisnis bisa menggunakan infrastruktur hosting Facebook, percakapan dengan akun WhatsApp Business akan disimpan di server Facebook.

Kebijakan mulai 08.02.2021

Jika pengguna berkomunikasi dengan akun Business yang menggunakan penyimpanan di luar WhatsApp, platform akan menampilkan pemberitahuan di obrolan tersebut. “Pengguna kemudian berhak dan bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan bisnis tersebut atau tidak. Percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan aplikasi gratis WhatsApp Business, maupun yang menggunakan WhatsApp Business API, tapi, tetap menggunakan layanan hosting WhatsApp, masih terlindungi enkripsi end-to-end seperti biasa,” kata WhatsApp.

Cermati data apa saja yang digunakan WA

WhatsApp menegaskan mereka tidak bisa melihat pesan, mendengar telepon, tidak mencatat dan menyimpan pesan dan panggilan, juga tidak bisa melihat lokasi yang dibagikan. WhatsApp juga tidak membagikan kontak dengan Facebook.

Tapi tidak ada salahnya kita tidak tergantung dengan sebuah tools. Prinsipnya kita merdeka untuk menggunakan apapun sesuai pilihan kita. Berikut ini adalah perbandingan 3 aplikasi messeger.

Perbandingan WA, Telegram dan Signal

Berikut ini adalah data-data apa saja yang akan dikendalikan oleh masih-masing pemilik messeger yang harus kita cermati.

Cermati data yang diintip pemilik Messeger

"SUKALAH Menolong...Pasti Allah akan Menolongmu.." Telp/SMS/WA 0858-7903-7920 | 0818-43-82-89 Mail : yuda@mipa.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*