Semua Yang DIINGAT Akan Hilang – Yang DITULIS Akan Abadi

ta sam som business plan

Analisis TAM-SAM dan SOM

in Bisnis/Start-Up by

Dalam proposal bisnis, TAM, SAM, dan SOM adalah konsep yang sering digunakan untuk menggambarkan ukuran dan potensi pasar yang dapat dijangkau oleh produk atau layanan. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing aspek tersebut beserta contohnya:

1. Total Addressable Market (TAM)

TAM adalah ukuran total pasar untuk suatu produk atau layanan tanpa memperhitungkan batasan apapun. Ini menggambarkan pendapatan maksimum yang dapat dihasilkan jika produk atau layanan tersebut dapat menjangkau seluruh pasar yang tersedia.

Mengidentifikasi TAM membantu investor dan pemilik bisnis memahami potensi maksimal dari pasar dan memberikan gambaran tentang skala peluang yang ada.

Contoh: Jika sebuah perusahaan merancang aplikasi kesehatan yang dapat digunakan oleh semua pengguna smartphone di seluruh dunia, TAM-nya adalah total pendapatan yang dapat dihasilkan dari semua pengguna smartphone yang ada di dunia.

2. Serviceable Available Market (SAM)

SAM adalah bagian dari TAM yang mencakup pasar yang dapat dijangkau oleh produk atau layanan dengan mempertimbangkan batasan geografis, demografis, atau faktor lainnya. Ini adalah pasar yang realistis untuk dijangkau oleh bisnis dalam kondisi tertentu.

SAM membantu bisnis untuk lebih fokus pada pasar yang dapat dijangkau secara realistis dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kompetisi, regulasi, dan ketersediaan sumber daya.

Contoh: Jika perusahaan aplikasi kesehatan tadi hanya tersedia dalam bahasa Inggris, maka SAM-nya adalah total pendapatan yang dapat dihasilkan dari semua pengguna smartphone berbahasa Inggris di dunia.

3. Serviceable Obtainable Market (SOM)

SOM adalah bagian dari SAM yang dapat diraih oleh bisnis dalam jangka pendek dan menengah dengan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif. SOM menggambarkan pangsa pasar yang realistis untuk dicapai oleh bisnis.

SOM memberikan target yang lebih konkret dan terukur bagi bisnis dan investor, menunjukkan potensi pendapatan yang dapat dicapai dalam waktu dekat.

Contoh: Jika perusahaan aplikasi kesehatan berbahasa Inggris tersebut berencana untuk memasarkan aplikasinya hanya di Amerika Serikat dalam dua tahun pertama, maka SOM-nya adalah total pendapatan yang dapat dihasilkan dari semua pengguna smartphone berbahasa Inggris di Amerika Serikat dalam periode tersebut.

Memudahkan memahami TAM, SAM dan SOM

Contoh Start-Up

Misalkan sebuah startup ingin meluncurkan layanan streaming musik baru:

TAM: Total Addressable Market untuk layanan streaming musik adalah seluruh pendapatan yang bisa dihasilkan dari semua pengguna internet di seluruh dunia yang mendengarkan musik. Misalnya, jika ada 4 miliar pengguna internet dan diperkirakan 1 miliar dari mereka menggunakan layanan streaming musik dengan rata-rata pengeluaran $100 per tahun, TAM-nya adalah $100 miliar.

SAM: Serviceable Available Market adalah bagian dari TAM yang dapat dijangkau oleh layanan tersebut. Jika layanan hanya tersedia di Amerika Utara dan Eropa, dan diperkirakan ada 300 juta pengguna layanan streaming musik di wilayah tersebut dengan rata-rata pengeluaran $100 per tahun, SAM-nya adalah $30 miliar.

SOM: Serviceable Obtainable Market adalah bagian dari SAM yang bisa dijangkau oleh startup ini dalam waktu dekat. Misalnya, jika startup ini menargetkan untuk mendapatkan 1% dari pasar Amerika Utara dan Eropa dalam dua tahun pertama, SOM-nya adalah 1% dari $30 miliar, yaitu $300 juta.

Mengapa Penting dalam Proposal Bisnis

  • Investor Perspective: Investor ingin melihat potensi pertumbuhan dan skala peluang yang tersedia. TAM, SAM, dan SOM memberikan gambaran yang jelas tentang potensi pendapatan.
  • Strategi Bisnis: Membantu bisnis untuk fokus pada segmen pasar yang dapat dicapai dan mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.
  • Perencanaan Keuangan: Menyediakan dasar untuk peramalan pendapatan dan anggaran pemasaran.

TAM, SAM, dan SOM adalah konsep penting dalam proposal bisnis yang membantu menggambarkan potensi pasar secara berjenjang dari keseluruhan pasar yang tersedia hingga pasar yang dapat dijangkau secara realistis dalam waktu dekat. Dengan memahami dan mengkomunikasikan ukuran pasar ini, bisnis dapat membuat rencana yang lebih strategis dan menarik bagi investor.

"Helping others is the secret sauce to a happy life." Contact : 0858-7903-7920 | 0818-43-82-89 eMail : yuda@mipa.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest from Bisnis

marketing 2024

Trend Marketing Digital 2024

Tren Marketing digital terus berkembang seiring perubahan perilaku konsumen, teknologi, dan dinamika
Go to Top