Semua Yang DIINGAT Akan Hilang – Yang DITULIS Akan Abadi

pencuri sepeda motor

Tiga Detik dalam Pencurian Motor

in Ekonomi/Teknologi by

Sistem keamanan sepeda motor dengan mudah dikuasai komplotan pencuri. Pembobolan kunci sepeda motor juga dapat dilakukan orang awam dalam sekejap dengan peralatan sederhana.

Ongki (25), tersangka pencuri sepeda motor asal Jabung, Lampung Timur, bisa ”memetik” lima sepeda motor dalam sehari. Memetik adalah istilah sindikat ini untuk mereka yang bertugas mengambil sepeda motor korban. Ongki dapat membawa kabur sepeda motor curian rata-rata kurang dari semenit. Meski pernah tertangkap polisi, ia kembali beraksi dan tertangkap di Jakarta. ”Orang biasa juga bisa buka (kunci sepeda motor),mudah sekali membuka kunci itu,” kata Ongki saat ditemui di Markas Kepolisian Sektor (Polsek) Tambora, Jakarta Barat, pertengahan Agustus 2023.

Kunci yang dipakai Ongki dan komplotannya bukanlah alat canggih. Kunci magnet itu didesain dapat membuka sepeda motor mana pun yang tertutup logam pelapis magnet. Setelah diputar beberapa kali, penutup magnet terbuka. Salah satu anggota tim lalu dengan mudah menyalakan mesin sepeda motor menggunakan gunting di lubang kunci mekanis yang sudah rusak. Keahlian Ongki memetik sepeda motor diakui rekan satu komplotannya, AP (25). Pemuda yang sudah beralih profesi ini beberapa kali mencuri sepeda motor bersama Ongki di Lampung. Ia dan Ongki tertarik mencuri sepeda motor setelah melihat tayangan televisi tentang pencurian sepeda motor. Untuk memperlancar aksinya, ia meminjam peralatan dari warga senior di desa.

Pada awalnya mereka beroperasi di Lampung, tetapi kemudian Ongki merambah Jakarta. ”Saya sudah enggak main lagi, dia masih,” kata AP saat ditemui di Jabung. Lain lagi dengan Sam (33). Pria asal Desa Segala Mider, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah, ini mendapatkan keahlian mencuri sepeda motor dari bos di Lampung.

Di kecamatan Pinang, Kota Tangerang Banten. Sam menjadikan rumahnya kos sebagai tempat simpan jarahan.  ”Di sana ada pikap tertutup terpal yang keluar masuk pada malam dan dini hari,” kata Wahidin, ketua RT setempat. Kepala Desa Segala Mider, Bambang Setiawan Aris mengenal Sam sebagai orang yang ahli di bidang mekanik. Jangankan membuat kunci untuk membobol sepeda motor, Sam juga punya keahlian membuat senjata api.

Dia tumbuh di lingkungan yang akrab dengan tindak kejahatan. Saking terkenalnya di mata orang luar desa, jalan di depan rumah Sam dikenal sebagai ”Jalur Gaza”, jalur rawan tindak kejahatan. Kini, Sam mendekam di tahanan Mapolsek Tambora, Jakarta Barat. Meski berkali-kali tertangkap, komplotan pencuri tak jera. Kepala Polsek Tambora Komisaris Putra Pratama meyakini, proses hukum jaringan pelaku bukan satu-satunya solusi mengatasi tingginya angka pencuriankendaraanbermotor (curanmor). Ia meminta produsen sepeda motor mengambil peran dengan meningkatkan sistem keamanan sepeda motor.

Maling Paling  Sering Incar Beat, Vario, dan Mio

Pencuri sepeda motor mengincar kendaraan kelas bawah (entry level). Selain banyak peminatnya di pasar gelap, kendaraan ini menjadi favorit pencuri karena fitur keamanannya lemah. Bos sindikat pencurian sepeda motor, Umay (48), misalnya, mengaku hanya menerima kendaraan curian jenis Honda Beat dan Honda Vario. Sebelum dicokok polisi akhir Juli 2023, Umay rutin memasok sepeda motor bodong ke tiga penadah di Lampung.

”Saya hanya terima Beat dan Vario. Mungkin lakunya hanya sepeda motor jenis ini,” ujar Umay yang ditemui di Markas Polsek Tambora, Jakarta Barat, Selasa (8/8/2023). Polisi mengendus keterlibatan Umay dalam sindikat pencuri sepeda motor setelah menangkap sopir truk yang hendak membawa kendaraan curian ke Lampung. Belum sampai di Pelabuhan Merak, Banten, delapan sepeda motor curian komplotan Umay disita polisi. Ongki (25), anggota sindikat pencuri sepeda motor ini, juga mengaku mengincar sepeda motor matik dengan merek serupa.

Sepeda motor itu diincar karena paling mudah dibobol kunci pengamannya. ”Kalau yang tak memakai kunci (keyless) itu susah karena mesin tidak mau hidup. Jadi, saya ngincer yang masih pakai lubang kunci (kunci kontak mekanik),” ucap lelaki asal Jabung, Lampung Timur, Provinsi Lampung, itu.

Dia dan kelompoknya memiliki alat yang disebut kunci tombol, bisa membuka setiap penutup magnet yang melindungi lubang kunci kontak. Alat ini hanya berfungsi saat dia mencuri sepeda motor dengan kunci kontak mekanik, seperti Honda Beat, Honda Vario, Yamaha Mio, dan Yamaha Nmax generasi awal. Tim Investigasi Harian Kompas mencoba alat itu dan bisa digunakan untuk membuka penutup magnet sepeda motor yang diparkir di Mapolsek Tambora. ”Kunci tombol itu alat hasil modifikasi,” ujar Ongki.

Alur Pencurian Sepeda Motor

Satu-satunya pengaman

Untuk kendaraan dengan kunci kontak mekanik, penutup magnet jadi satu-satunya pengaman tambahan bawaan pabrik. Ketika tutup itu terbuka, kunci kontak sudah tak terlindungi sebab bisa langsung dibobol dengan kunci T. Informasi tentang mudahnya membobol sepeda motor matik dengan pengaman tutup magnet juga muncul saat tim melacak sindikat pencuri sepeda motor di Jabodetabek hingga Jabung, Lampung Timur, awal September 2023.

Mantan pencuri yang pernah satu komplotan dengan Ongki, AP (25), mengawali debutnya di dunia kriminal dengan membobol Honda Beat lima tahun lalu. Dia mencuri sepeda motor itu dengan bermodal kunci T dan kunci tombol pinjaman seniornya di Jabung. Ketika itu, AP beraksi di Bandar Lampung.

Di tengah jalan, saat membawa kabur barang curian, polisi menangkapnya dan dia pun masuk penjara. Pengakuan pencuri motor itu selaras dengan data Polda Metro Jaya. Dari 1.500 kasus pencurian sepeda motor yang dilaporkan tahun lalu, jenis yang paling banyak dibobol maling adalah Honda Beat, Honda Vario, Honda Scoopy, Yamaha Mio, dan Yamaha Nmax.

Data ini menguatkan hasil sitaan kasus curanmor Polres Metro Kota Tangerang awal September 2023. Dari 11 barang bukti, 10 keluaran Honda dan 1 Yamaha. Rinciannya, Honda Beat (7), Honda Vario (1), Honda Scoopy (1), Honda CRF (1), dan Yamaha Aerox (1). Sementara itu, penyidik Polsek Tambora menyita puluhan sepeda motor curian pada Oktober 2022 hingga September 2023. Puluhan barang bukti itu terdiri dari merek Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Sensitif

Menurut pengajar desain produk industri pada Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu, produk industri otomotif terbagi dalam beberapa tingkat. Ada kelas entry level atau kelas bawah, kelas menengah, dan kelas atas. ”Honda Beat itu termasuk entry level. Kompetitornya di merek lain yang setara adalah Yamaha Mio,” katanya.

Dia melanjutkan, sepeda motor berharga murah itu memiliki fitur keamanan yang terbatas. Penambahan fitur keamanan bakal menambah komponen dan berkorelasi terhadap kenaikan harga jual.

Sementara mayoritas konsumen sepeda motor jenis ini adalah orang-orang dengan perekonomian pas-pasan. ”Segmen pasar untuk sepeda motor jenis ini adalah masyarakat yang level ekonomi bawah. Jadi sangat sensitif pada harga,” katanya lagi. General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin mengaku tidak memiliki data detail terkait produk Honda yang sering dicuri. Menurut dia, semua jenis sepeda motor berpotensi menjadi target pencurian. Untuk meminimalkan pencurian, setiap produsen mengantisipasinya dengan menambahkan sistem keamanan.

”Seiring dengan fitur dan teknologi terbaru yang semakin mutakhir memungkinkan adanya penyesuaian harga. Tetapi, kami memastikan harga tersebut tetap terjangkau oleh konsumen secara luas,” kata Muhib. Senada dengan Honda, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga tak memiliki data terkait produknya yang sering jadi sasaran maling. ”Konsumen diimbau selalu waspada dalam memarkir kendaraan. Jaga sepeda motor dengan baik, salah satunya menggunakan sistem pengaman ganda,” ujar Assistant General Manager Marketing-Public Relation PT YIMM Antonius Widiantoro.

Amankan Motormu Kakak…

"Helping others is the secret sauce to a happy life." Contact : 0858-7903-7920 | 0818-43-82-89 eMail : yuda@mipa.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest from Ekonomi

marketing mix 9p 7p 4p

Belajar Marketing Mix 9P

Marketing mix adalah seperangkat variabel atau elemen yang digunakan oleh perusahaan untuk
Go to Top