Semua Yang DIINGAT Akan Hilang – Yang DITULIS Akan Abadi

jenis kategori teori game games permainan

Kupas Tuntas Informasi Game (Permainan)

in Pendidikan/Teknologi by

Siapa yang tidak kenal Games? Permainan-permainan yang berbasis digital, pada umumnya orang pasti akan suka tanpa memandang umur, profesi bahkan dimanapun dia berada. Games tidak hanya sekedar menghibur atau refresing, saat ini muncul istilah baru ESport. Esport adalah sebuah games yang berorientasi kepada olahraga, kecerdasan, konsentrasi dan respon yang tepat dalam sebuah kompetisi.

Berbagai teknologi baru muncul dan memberikan banyak kemudahan bagi kita dalam menciptakan sebuah game. Berbagai platform game pun mulai tumbuh dan berkembang dimana-mana dan menjanjikan kesuksesan luar biasa.

Banyak pihak kemudian berlomba untuk memproduksi game secepat mungkin dan sebanyak mungkin. Menduplikasi gameplay dari sebuah game yang sukses dengan sedikit modifikasi pada aset dan tema menjadi hal yang biasa. Hasilnya, kita pun dibanjiri dengan berbagai versi game yang kurang lebih sama. Proses pengembangan game seakan hanya sebuah proses replikasi yang begitu mudah dilakukan.

APA ITU GAME?

Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi-strategi yang rasional.

Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan.

Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.

JENIS GAME

Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada didaerah atau tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus didesain untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa masuk dan menikmati, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).

(1) PC games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

(2) Console games, yaitu video game yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.

(3) Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.

(4) Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone

TAHAPAN PEMBUATAN GAME

  1. Tahap Riset dan Penyusunan Konsep Dasar
    Pada tahap ini ide dasar, objektif, tema, target audience, teknologi, media (platform), serta berbagai batasan lain dirumuskan. Tahapan riset ini menjadi sebuah tahapan krusial,berbagai elemen dasar dari sebuah game disusun di sini.
  2. Perumusan gameplay
    Pada tahap ini para game designer harus merumuskan gameplay atau gamechanic yang akan digunakan dalam sebuah game. Gameplay adalah pola, aturan, atau mekanisme yang mengatur bagaimana proses interaksi pemain dengan game yang diciptakan. Selain itu bisa juga mengatur bagaimana seorang pemain bisa memenuhi objektif dari game.
  3. Penyusunan Aset dan Level Desain
    Tahapan ini fokus pada penyusunan konsep dari semua karakter serta aset (termasuk suara atau musik) yang diperlukan. Pada saat yang sama tim juga mulai melakukan Level Desain atau pengelompokkan tingkat kesulitan serta berbagai aset yang tepat pada tiap level (jika ada lebih dari 1 level) agar game tersebut bisa menghadirkan pengalaman bermain yang optimal
  4. Test Play (Prototyping)
    Pada tahapan ini sebuah prototype atau dummy dihadirkan untuk menguji gameplay serta berbagai konsep yang telah tersusun, baik dalam tiap level maupun secara keseluruhan, serta melakukan berbagai perbaikan yang diperlukan. Tahapan ini juga berfungsi untuk memberikan gambaran lengkap bagi seluruh tim sehingga bisa memudahkan proses pengembangan selanjutnya.
  5. Development
    Pada tahap ini seluruh konsep (karakter dan aset) yang sebelumnya telah tersusun mulai dikembangkan secara penuh, game engine mulai dikembangkan, dan semua elemen mulai dipadukan
  6. Alpha/close beta Test (UX – Initial Balancing).
    Fokus utama pada tahap ini adalah untuk mengetahui apakah semua komponen utama dari game telah mampu memberikan user experience seperti yang diharapkan sekaligus juga untuk mendeteksi adanya masalah teknis yang belum terdeteksi pada tahapan sebelumnya.
  7. Rilis.
    Pada tahap ini game sudah siap untuk dirilis dan diperkenalkan pada target pemainnya. Ketika sebuah game telah dirilis untuk publik bukan berarti proses pengembangan selesai tetapi terus dioptimalkan/diupdate. Hal ini untuk memastikan bahwa permainan game yang ada sudah maksimal
Tahapan pembuatan Games

APA ITU UNITY 3D?

Unity 3D adalah sebuah software development yang terintegrasi untuk menciptakan video game atau konten lainnya seperti visualisasi arsitektur atau real-time animasi 3D. Unity 3D dapat digunakan pada microsoft Windows dan MAC OS X, dan permainan yang dihasilkan dapat dijalankan pada Windows, MAC, Xbox 360, PlayStation 3, Nintendo Wii, iPad, iPhone, Android dan Linux. Unity 3D juga dapat menghasilkan permainan untuk browser dengan menggunakan plugin Unity Web Player. Unity 3D juga memiliki kemampuan untuk mengekspor permainan yang dibangun untuk fungsionalitas Adobe Flash 3D

POSISI PEKERJAAN INDUSTRI GAMES

A. TEAM DESIGN

  1. Lead Designer
    Lead Designer bertanggung jawab penuh atas semua ide sebuah game. Tak heran, banyak yang tampil di berbagai pameran untuk menghadapi para wartawan berbagai media.
  2. Game Designer
    Tugasnya adalah merancang permainannya, peraturan di dalamnya, tampilan dan semua tombol kontrolnya. Semua ini dituangkan dalam dokumen desain sebagai tuntunan bagi seluruh proses pembuatannya. Semakin kompleks sebuah game, semakin rumit pula tugasnya.
  3. Mechanic Designer
    Tugasnya adalah merancang aturan main dan memastikan aturan-aturan yang dibuatnya selalu berimbang di sepanjang game. Ia juga disebut Systems Designer.
  4. Level Designer
    Ini adalah orang yang merancang berapa banyak level dalam sebuah game, misi di tiap level, dan jenis dunia (situasi lingkungan) di tiap tingkatan. Ia juga memutuskan detaildetail apa saja yang harus ada di tiap situasi. Unsur-unsur kecil (detail lingkungan) ini dirancang oleh Environment Artists.
  5. Writer
    Tugasnya menulis cerita dalam game, dialog para karakternya, keterangan dan teks narasi pada scene tertentu, tips memainkan game, dan teks menu. Ia harus selalu bekerja sama dengan desainer lain agar pekerjaannya sejalan dengan rancangan utama. Karena beraneka ragamnya games serta genre-nya, penulis games tidak selalu pekerja full-time. Mereka sering kali ‘lompat’ dari proyek yang satu ke proyek lainnya

B. TEAM ART

  1. Art Director.
    Ini jabatan tertinggi di tim game Art. Sering disebut Lead Artist, biasanya ia adalah orang yang pernah menangani berbagai pekerjaan para desainer game lain. Pengalaman ini bekal memimpin semua anggota tim game Art. Dialah yang memutuskan art style dan art feeling (gaya dan rasa seni) dalam sebuah game sekalipun bukan dia sendiri yang membuat desainnya.
  2. Concept Artist.
    Tugasnya merancang tampilan dan ‘feeling’ sebuah game dengan cara menciptakan karakter, berbagai makhluk, lingkungan sekitarnya, dan sebagainya. Ia harus sangat terampil dengan seni tradisional yang non-digital (dihasilkan dengan tangan) serta fasih menggunakan aplikasi desain 2D seperti Photoshop dan Painter.
  3. Modeler
    Tanggung jawabnya merancang model 3D untuk karakter, makhluk, dan semua obyek dalam game dengan memakai software aplikasi seperti Maya atau 3DS Max. Ia harus berpengetahuan luas soal anatomi tubuh manusia dan binatang agar dapat menciptakan figur-figur dengan lekuk menyerupai aslinya.
  4. Environment Artist.
    Desainer ini membentuk tampilan dunia atau lingkungan yang menarik dengan menciptakan detail-detail pada dataran, suasana kota, arsitektur bangunannya, serta aneka obyek lainnya. Bagi yang kenal game Assassin’s Creed pasti kenal suasana dan arsitektur bangunan khasnya.
  5. Texture Artis.
    Tugasnya menciptakan tekstur dan tampilan permukaan pada model karakter, benda, hamparan daratan, dan bangunan. Diperlukan keahlian menggunakan Photoshop dan berbagai program 3D. Kadang kala pembuatan model sekaligus teksturnya ditangani desainer yang sama.
  6. Animator
    Animator menggarap desain buatan para modeler agar gerakan karakter dan berbagai makhluknya tampak realistis. Untuk itu mereka harus memahami anatomi dan fisika agar makhluk fiktif pun bisa bergerak dengan cara yang masuk akal.
  7. Cinematic Artis
    Bermodal storyboard yang dibuat Concept Artist, ia mengembangkan berbagai potongan adegan dan mengaturnya agar berjalan di mesin game seperti layaknya adegan-adegan dalam film.
  8. Technical Artis
    Bertindak sebagai problem solver untuk semua area pekerjaan pada tim game Art, bukan dalam proses penciptaan desain. Ia harus punya pengalaman dan pengetahuan soal software 3D dan berbagai engine tools agar dapat memberi solusi ketika terjadi kemacetan di dalam tim game Art.
  9. UI Artist
    Dalam games ada yang disebut User Interface (UI), yakni tampilan menu dan segala informasi di layar. Tugas UI Artist adalah merancang tampilan yang memudahkan pemain memahami game dan memainkannya. Ia juga bertanggung jawab atas segala aspek teknis terkait keperluan ini

C. TEAM PROGRAM

  1. Lead Programmer
    Mengelola tim dan mengawasi tugastugas programming yang rumit. Biasanya jabatan ini dipegang orang yang sudah berpengalaman di berbagai pekerjaan programming dan membuat keputusan penting di bidang desain dan teknologi. Dalam tugasnya, ia berkoordinasi dengan para pimpinan tim lainnya agar prose pembuatan game di ketiga area berjalan mulus.
  2. Engine Programmer
    Ia bertanggung jawab merancang base engine. Ia harus menguasai physics and graphics API dan umumnya sudah berpengalaman di pekerjaan programming lain.
  3. Graphic Programmer
    Tugas ini untuk orang yang ahli 3D modeling, special effects, dan graphics optimization. Ia harus jago di bidang advanced mathematics seperti aljabar linier, kalkulus, dan matematika vektor. Karena butuh keahlian tingkat tinggi biasanya mereka digaji besar
  4. Physics Programmer
    Dalam menjalankan tugasnya ia harus mengaplikasikan prinsip-prinsip fisika agar semua gerakan dalam game mengikuti hukum fisika yang sesungguhnya. Dengan demikian adegan seperti misalnya tembak-menembak atau balap mobil terlihat sangat mirip dengan kenyataan.
  5. AI Programmer
    Agar jalan cerita dalam game menyerupai logika dan cara manusia berpikir, programmer ini harus merancang diagram keputusan (decision trees) sesuai prinsip-prinsip kecerdasan tiruan. Karena kini games makin canggih, kemampuan di bidang AI Programming jadi semakin dibutuhkan.
  6. Audio Programmer
    Posisi ini berurusan dengan pembuatan sound engine yang mendukung suara, musik, dan bunyi-bunyian (sound effects) di dalam sebuah game. Jumlah kebutuhan akan Audio Programmer di perusahaan games tidak terlalu banyak.
  7. Network Programmer
    Tugasnya membuat sebuah game agar dapat dimainkan secara online oleh banyak pemain di seluruh penjuru dunia (online multiplayer game). Jadi ia berurusan dengan masalah seperti network security, latency, synchronization, client/server architecture, and database creation and management. Keahlian di bidang ini banyak dibutuhkan

GAME YANG BERKEMBANG SAAT INI

Beberapa bulan lalu perusahaaan Riot Games telah resmi merilis game First Person Shooter (FPS) terbarunya, Valorant pada 2 Juni 2020 lalu. Game tersebut kini sudah bisa dimainkan secara gratis dan dapat diunduh melalui situs resmi Riot Games. Valorant dimainkan dengan cara yang imajinatif berbasis masa depan dengan map atau lingkungan dari dunia nyata. Map di Valorant dirancang untuk mendukung berbagai strategi dan komposisi tim dalam bermain, dengan banyak rute dan jenis medan yang berbeda. Inilah yang membuat game ini langsung menjadi Game ini memadukan unsur-unsur dari Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) dan Overwatch yang merupakan dua judul game bergenre FPS paling populer saat ini.

Yang membuat menarik lagi adalah para pemain dapat memilih satu dari banyak “agen”, di mana masing-masing karakter memiliki kemampuan unik tersendiri. Semua agen memiliki akses ke semua senjata yang dapat dibeli, sesuai dengan selera dan kemampuan ekonomi, pada setiap putaran

Selain akan menghadirkan hal-hal baru ke dalam genre FPS, Riot Games juga berusaha untuk menjaga kenyamanan para pemain dalam memainkan Valorant dengan menghadirkan dukungan “teknis back-end” terbaik yang belum pernah ada sebelumnya dalam bentuk server global 128-tick khusus. Ini adalah sebuah custom-built netcode yang dibuat khusus untuk meningkatkan registrasi hit yang tepat, arsitektur server game otoritatif, serta pencegahan dan deteksi anti-cheat sejak hari pertama.

Riot Game pun menjamin bahwa server khusus Valorant akan memiliki ping kurang dari 35ms untuk setidaknya 70% pemain di seluruh dunia dan akan meningkatkan semua pergerakan pemain menjadi 128 fps. Artinya bahwa setiap pemain yang pergerakannya tertinggal akan tetap bergerak pada tingkat sertara dengan pemain lain dengan koneksi internet lebih baik. Selain itu Riot Games juga memastikan bahwa Valorant akan memiliki teknologi anti-cheat paling ketat sejak pertama kali diluncurkan yang dipimpin oleh sistem dengan ketahanan tinggi terhadap wallhack, Fog of War.

Selain ada Valorant ada juga Game Mario Bross yang termasuk menjadi salah satu game terbaik dengan memegang tujuh rekor Guiness dalam jumlah penjualan game terbanyak sepanjang waktu. Hal ini menunjukkan bagaimana game Super Mario disukai masyarakat. Dan parameter suka disini diawali kesukaan terhadap unsur visual pada game ini yaitu, karakter dan aset lingkungan game yang simple tapi desain menarik serta mudah ditangkap penggambaran layout yang diberikan

Karakter Mario yang menjadi ikon Nitendo merupakan karakter terbaik sepanjang masa bersama dengan karakter lain seperti Sonic, Lara Craft, dan sebagainya versi London Game Festival. Selain itu game Super Mario Bros dalam perkembangannya. Muncul dalam versi 2D game dan 3D game. Hal ini melengkapi kajian analisis pengembangan konsep visual game pada 2D dan 3D game dengan metode komparasi. Itulah mengapa game Super Mario Bros sangat layak untuk menjadi dasar pengembangan konsep visual game.

Ada juga game yang tengah populer dari dulu hingga sekarang yaitu Mobile Legend, adalah game yang dikembangkan dan dirilis oleh Moontoon developer. Mobile Legend memang menggunakan Analog untuk controllernya.Itu mungkin karena Mobile Legend dirancang untuk perangkat mobile yang memang memiliki layar kecil. Namun, hal itu membuat sebagian penggunanya merasa kurang nyaman karena tidak bisa menggerakan hero nya dengan leluasa. Yang membuat game ini populer sampai saat ini karena banyak nya hero didalam game nya, tentunya dapat menjadi daya tarik pemainnya

Daftar Pustaka
Jurusanku ,(2020 September 20),[ Berkas Teks ],Diambil dari : http://jurusanku.com/game5/

Kompas.com,(2020 September 20),[ Berkas Teks ],
Diambil dari : https://tekno.kompas.com/read/2013/08/21/1226508/7.Tahap.Pengembangan.game? page=all

Referensi :
Bulletin APTIKOM edisi Sepember 2020. Silahkan download di : buletin sep 2020

"Helping others is the secret sauce to a happy life." Contact : 0858-7903-7920 | 0818-43-82-89 eMail : yuda@mipa.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest from Pendidikan

Go to Top