Semua Yang DIINGAT Akan Hilang – Yang DITULIS Akan Abadi

webdesain ui ux

Web Design vs UI/UX Design

in Desain/Teknologi by

Rekan-rekan Web desain merupakan bagian dari Front-end dalam sebuah aplikasi. Membicararakan web desain sama dengan membicarakan isi didalamnya yakni: UI dan UX. Jadi UI Desainer atau UX Desainer? itu adalah spesialisasi dalam profesi Web desain, sebetulnya hampir kebanyakan desain mampu menguasainya semua. Nah terkadang, user/client secara awam atau bahkan sengaja meminta webdesainer menjadi superman juga, mengerjakan front-end (sesuai bidang) tetapi juga harus mengerjakan back-end sebagai web developer.

Front-end and Back-end
Webdesain bagian dari Front-end

UI Design (User Interface Design), UX Design (User Experience Design), dan Web Design merupakan bidang yang terkait erat dalam pengembangan produk digital, tetapi masing-masing memiliki fokus dan tanggung jawab yang berbeda.

UX Desainer
Peran UX Desainer

Berikut adalah perbedaan antara ketiganya:

  1. UX Design (User Experience Design)
    • UX Design berfokus pada pengalaman pengguna secara keseluruhan saat berinteraksi dengan produk digital, termasuk aspek-aspek seperti kemudahan penggunaan, kepuasan, dan efektivitas.
    • Tujuan utama dari UX Design adalah untuk menciptakan pengalaman yang positif dan memuaskan bagi pengguna, yang memungkinkan mereka mencapai tujuan mereka dengan mudah dan efisien.
    • Desainer UX melakukan penelitian tentang kebutuhan, motivasi, dan perilaku pengguna untuk merancang alur kerja (workflow) dan struktur informasi yang optimal.
    • Fokus utama UX Design adalah pada fungsi dan kualitas interaksi antara pengguna dan produk, serta pengalaman keseluruhan yang diberikan kepada pengguna.
  2. UI Design (User Interface Design)
    • UI Design berkaitan dengan aspek visual dari suatu produk digital, seperti tata letak, warna, tipografi, dan elemen grafis.
    • Tujuan utama dari UI Design adalah untuk menciptakan antarmuka pengguna yang menarik, mudah dipahami, dan mudah digunakan.
    • Desainer UI bertanggung jawab untuk membuat elemen-elemen interaktif yang dapat diakses dan dimanipulasi oleh pengguna, seperti tombol, ikon, formulir, dan menu navigasi.
    • Fokus utama UI Design adalah pada estetika dan kegunaan dari segi visual, serta konsistensi antara elemen-elemen antarmuka.
  3. Web Design
    • Web Design adalah proses merancang tampilan visual dan struktur sebuah situs web.
    • Seorang web designer bertanggung jawab untuk merancang tata letak, grafis, warna, tipografi, dan elemen-elemen lainnya dari sebuah situs web.
    • Web Design mencakup aspek-aspek UI Design dan juga berhubungan dengan UX Design, karena pengalaman pengguna (UX) dalam mengunjungi dan berinteraksi dengan situs web juga penting.
    • Fokus utama Web Design adalah pada desain situs web yang menarik dan berfokus pada tujuan, serta memastikan kegunaan dan konsistensi antarmuka pengguna.
UI Desainer
Peran UI Desainer

Dengan demikian, meskipun UI Design, UX Design, dan Web Design memiliki keterkaitan yang erat, masing-masing memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda dalam pengembangan produk digital.

UI dan UX adalah bagian dengan web desain
Bagian dari Webdesain
Webdesign

"Helping others is the secret sauce to a happy life." Contact : 0858-7903-7920 | 0818-43-82-89 eMail : yuda@mipa.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest from Desain

Go to Top