Semua Yang DIINGAT Akan Hilang – Yang DITULIS Akan Abadi

belajar sejarah membuat kita maju bukan kuno

Sejarah Tidak Membuat Kita Kuno Tapi Menjadikan Kita Maju

in Sejarah by

Sejarahawan dunia Herodotus mengatakan  Historia Vitae Magistra “ Sejarah adalah Guru Kehidupan, demikian bunyi pepatah latin yang secara eksplisit mengemukakan tentang pentingnya keberadaan sejarah. Di sisi lain, presiden pertama Republik Indonesia Soekarno secara tegas mengatakan never leave history, “jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah”. Kedua pernyataan tersebut pada dasarnya memperlihatkan betapa penting dan strategisnya keberadaan sejarah dalam kehidupan manusia.

Demikian pentingnya keberadaan sejarah bagi perjalanan hidup manusia, tampak lebih jelas lagi dalam pernyataan keras sejarahwan Sartono Kartodirdjo yang mengatakan bahwa manusia yang kehilangan kesadaran sejarah pada dasarnya tidaklah berbeda dengan pasien di rumah sakit jiwa. 

Sejarah sebagai kisah tentang perjalanan masa lampau manusia secara tidak langsung di dalamnya Tegasnya sejarah tidak hanya mampu memberi eksplanasi tetang peran manusia tetapi juga mampu memberi eksplanasi tentang peran keluarga, kerabat, suku bangsa, hingga bangsa.

Guru Besar sejarah Indonesia A. B Lapian (2011) mengingatkan kita bahwa belajar sejarah setidaknya akan mendapatkan beberapa manfaat antara lain :

Pertama Sejarah sebagai pengingat. Semua rekam jejak kehidupan manusia yang berkaitan dengan kehidupan masa lalunya baik buruknya, tentu sejarahlah yang mengingatkan kita. Dalam kehidupan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah hingga mendapatkan hak yang layak sebagai sebuah negara itu pun dengan sebuah perjuangan yang cukup berat. Banyak peristiwa kelam yang di hadapi bangsa indoensia. Disini sejarah mengingatkan kita untuk tidak melupakanya dan menjadikan gambaran ini sebagai modal dasar perjuangan kita kedepan. Apalagi generasi muda yang baru memulai sebuah perjuangan. Ingat hanya dengan bambu runcing kita bangsa Indoensia dapat berjuang mempertahankan harkat dan martabat kita sebagai manusia yang layak, kesederhanaan yang memberi arti penting bagi keberlanjutan masa depan bangsa. Hal ini mesti juga di pahami oleh gerasi muda kita dalam perjuang mendapatkan keberhasilan dengan sejumlah prestasi.

Kedua Sejarah sebagai  Pemersatu. Makna sejarah tidak hanya di lihat sebagai bagian masa lalu saja namun lebih dari pada itu penting juga untuk mempersatukan kita sebagai suatu bangsa. ladasan konsepnya adalah ketika kita sebagai bangsa pernah di jajah dan kita bersatu mempertahankan kedaulatan itu. Dan oleh karena kekuatan itu kita telah bersatu membentuk sebuah negara yang multikultur baik dari segi agama, budaya dan suku. Tidak ada perdebatan saat itu tentang perbedaan, karena kita memang merupakan bangsa yang saat itu mempunyai nasib yang sama. Karena itu belajar sejarah adalah kita memupuk rasa persatuan kita dalam membangun bangsa yang lebih beradab. Generasi muda juga hedaknya menghilami semangat ini dalam bersatu membangun bangsa. Tidak perlu mempersoalkan apa budayanya, agamanya dan lain sebagainya.

Dan yang ketiga Sejarah sebagai Penyemangat. Sejarah pada prinsipnya  memberi pengertian utama bagi keberlangsungan manusia, artinya sejarah yang berdasarkan masa lalu akan memberi manfaat penyemangat bagi setiap orang. “belajarlah dari sejarah” ini juga merupakan semangat bangsa Indoensia dalam memahami masa lalu sebagai bagian dari menata masa depan. Orang yang dalam hidupnya pernah melakukan kesalahan juga tentu tidak akan mengulanginya lagi, karena patokanya adalah pada sejarah.

Dari Sejarah Kita Memahami Diri Sendiri

Mungkin bagi sebagai orang belajar sejarah adalah sangat membosankan, karena hanya belajar masa lalu saja. Padahal tidak ada segalanya kalau tanpa dimulai dari sejarah. Sehingga belajar sejarah tidak hanya berurusan dengan benda-benda “ tempo doloe” tapi juga sejarah dapat mengispirasi banyak hal yang kita akan pahami baik pada diri sendari dan orang lain.

Seorang filsuf dari Spanyol, George Santayana mengatakan: “Mereka yang tidak mengenal masa lalunya, dikutuk untuk mengulanginya.” Hal ini berkaitan dengan kehidupannya yang bila tidak belajar dari masa lalunya akan mengulangi hal yang sama. Karena itu kurang apa lagi kita membicarakan manfaat belajar sejarah.

Contoh sejarah dunia, awalnya Indonesia dikenal karena Maluku. Sejumlah keunggulan Maluku sebagai daerah penghasil komoditi ternama didunia yang memberi catatan sejarah penting bagi para ekspedisi dunia seperti ; Colombus dan Vasco da Gama, yang melakukan ekspedisi pencarian The Spice Island  [kepulauan rempah-rempah] yang tersohor di dunia karena kualitas cangkih dan Pala. Dunia kemudian dikejutkan  pada  pertengahan bulan Januari 1512 oleh Francisco Serrau ekspedisi Spanyol yang menemukan Banda Naira sebagai awal munculnya beragam ekspedisi yang dirancang para imprealis.  Sekilas gambaran ini tentu memposisikan Maluku sebagai wilayah yang begitu penting dalam panggung sejarah dunia.

So, beruntunglah rekan-rekan tercinta yang menggemari sejarah. Tentunya dengan sumber dan rujukan yang benar. Tak sekedar katanya-katanya yang seringkali menyesatkan kita semua. 🙂

"Helping others is the secret sauce to a happy life." Contact : 0858-7903-7920 | 0818-43-82-89 eMail : yuda@mipa.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest from Sejarah

Melongok suasana lebaran zaman dulu di Indonesia

Lebaran Tempoe Doeloe

Lebaran atau Idul Fitri di Indonesia sebelum kemerdekaan merupakan perayaan yang penuh
Go to Top