Saturday, 12 Oct 2024
Home
Search
Menu
Share
More
yyudhanto on Teknologi
24 Jul 2024 12:18 - 8 minutes reading

Usability Testing Menghasilkan Software Berkualitas

Usability testing adalah metode pengujian yang bertujuan untuk mengevaluasi kemudahan penggunaan, efisiensi, dan kenyamanan dari sebuah perangkat lunak atau produk digital oleh pengguna akhir. Metode ini menjadi sangat penting karena software yang baik tidak hanya harus fungsional dan bebas dari bug, tetapi juga harus mudah digunakan dan intuitif bagi pengguna. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang usability testing, termasuk definisi, pentingnya, jenis-jenis, proses, metode, dan tips untuk pelaksanaannya.

Definisi Usability Testing

Usability testing adalah proses pengujian yang melibatkan pengguna nyata untuk berinteraksi dengan produk atau prototipe dengan tujuan mengidentifikasi masalah dalam desain, menemukan area untuk perbaikan, dan memahami seberapa baik produk memenuhi kebutuhan pengguna. Fokus utama dari usability testing adalah untuk memastikan bahwa produk tersebut mudah digunakan dan memenuhi tujuan pengguna dengan efektif dan efisien.

Pentingnya Usability Testing

  1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna: Produk yang diuji untuk kegunaannya cenderung memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengguna dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan tanpa frustrasi.
  2. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas: Pengujian kegunaan membantu mengidentifikasi hambatan atau kebingungan yang mungkin dihadapi pengguna, sehingga dapat diperbaiki untuk meningkatkan efisiensi penggunaan.
  3. Mengurangi Biaya Pengembangan: Menemukan dan memperbaiki masalah kegunaan pada tahap awal pengembangan lebih murah daripada setelah produk dirilis.
  4. Meningkatkan Kepuasan Pengguna: Produk yang mudah digunakan dan intuitif meningkatkan kepuasan pengguna, yang dapat mengarah pada loyalitas pengguna dan ulasan positif.
  5. Mengurangi Dukungan Pelanggan: Produk yang mudah digunakan mengurangi kebutuhan untuk dukungan pelanggan, karena pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka tanpa bantuan.

Jenis-Jenis Usability Testing

  1. Moderated Usability Testing: Dalam pengujian ini, seorang moderator memandu pengguna melalui tugas-tugas tertentu sambil mengamati dan mencatat interaksi mereka dengan produk. Moderator dapat mengajukan pertanyaan klarifikasi dan memberikan panduan jika diperlukan.
  2. Unmoderated Usability Testing: Pengguna melakukan tugas tanpa kehadiran moderator. Pengujian ini sering dilakukan secara online menggunakan alat pengujian yang merekam interaksi pengguna.
  3. Remote Usability Testing: Pengujian dilakukan dengan pengguna yang berada di lokasi yang berbeda dari tim penguji, biasanya menggunakan alat komunikasi dan pengamatan jarak jauh.
  4. In-Person Usability Testing: Pengujian dilakukan di tempat yang sama dengan pengguna, memungkinkan penguji untuk mengamati dan berinteraksi langsung dengan pengguna.
  5. Exploratory Usability Testing: Digunakan pada tahap awal pengembangan untuk mengeksplorasi bagaimana pengguna berinteraksi dengan prototipe atau ide desain.
  6. Comparative Usability Testing: Menguji dua atau lebih versi dari produk untuk menentukan mana yang lebih mudah digunakan oleh pengguna.

Proses Usability Testing

Proses usability testing biasanya melibatkan beberapa tahap, termasuk perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan pelaporan.

  1. Perencanaan:
    • Menentukan Tujuan Pengujian: Menetapkan tujuan spesifik yang ingin dicapai dengan pengujian kegunaan, seperti mengidentifikasi hambatan dalam navigasi atau memahami bagaimana pengguna menyelesaikan tugas tertentu.
    • Memilih Metode Pengujian: Memilih metode pengujian yang sesuai berdasarkan tujuan pengujian, sumber daya yang tersedia, dan target pengguna.
    • Menentukan Kriteria Sukses: Menetapkan kriteria yang akan digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan pengujian, seperti waktu penyelesaian tugas atau tingkat kesalahan pengguna.
    • Memilih Partisipan: Memilih pengguna yang mewakili target audiens produk. Jumlah partisipan biasanya berkisar antara 5 hingga 10 orang untuk setiap sesi pengujian.
  2. Pelaksanaan:
    • Menyiapkan Lingkungan Pengujian: Menyiapkan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan, serta memastikan bahwa lingkungan pengujian bebas dari gangguan.
    • Melakukan Sesi Pengujian: Mengundang partisipan untuk menyelesaikan serangkaian tugas yang telah ditentukan sebelumnya. Selama sesi, penguji mengamati dan mencatat perilaku, komentar, dan masalah yang dihadapi partisipan.
    • Merekam Data: Menggunakan alat perekam audio dan video untuk mendokumentasikan interaksi pengguna, serta mencatat waktu penyelesaian tugas dan kesalahan yang terjadi.
  3. Analisis:
    • Mengidentifikasi Pola dan Masalah: Menganalisis data yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi pola perilaku dan masalah kegunaan yang umum dihadapi oleh pengguna.
    • Mengelompokkan Temuan: Mengelompokkan temuan berdasarkan tingkat keparahan dan frekuensi masalah yang terjadi.
    • Menyusun Rekomendasi: Menyusun rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan pengujian. Rekomendasi ini harus spesifik, dapat diimplementasikan, dan terfokus pada meningkatkan kegunaan produk.
  4. Pelaporan:
    • Menyusun Laporan Pengujian: Menyusun laporan yang mencakup tujuan pengujian, metode yang digunakan, profil partisipan, temuan utama, dan rekomendasi perbaikan.
    • Mempresentasikan Hasil: Mempresentasikan hasil pengujian kepada tim pengembang, desainer, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa temuan dan rekomendasi dipahami dan diterapkan.
Usability Time Line

Metode Usability Testing

  1. Think Aloud Protocol:
    • Deskripsi: Pengguna diminta untuk berpikir keras saat menyelesaikan tugas, menjelaskan apa yang mereka pikirkan, apa yang mereka coba lakukan, dan mengapa mereka mengambil tindakan tertentu.
    • Kelebihan: Memberikan wawasan mendalam tentang proses berpikir pengguna dan alasan di balik tindakan mereka.
    • Kekurangan: Dapat mengganggu konsentrasi pengguna dan menyebabkan mereka bertindak berbeda dari kebiasaan mereka.
  2. Task Analysis:
    • Deskripsi: Pengguna diminta untuk menyelesaikan tugas tertentu sementara penguji mengamati dan mencatat waktu penyelesaian, jumlah kesalahan, dan tingkat kesulitan.
    • Kelebihan: Memberikan data kuantitatif tentang kinerja pengguna yang dapat dibandingkan antara sesi atau versi produk yang berbeda.
    • Kekurangan: Tidak memberikan wawasan mendalam tentang alasan di balik perilaku pengguna.
  3. Heuristic Evaluation:
    • Deskripsi: Penguji atau pakar kegunaan mengevaluasi produk berdasarkan daftar prinsip atau heuristik kegunaan yang sudah ada.
    • Kelebihan: Cepat dan relatif murah untuk dilakukan. Dapat mengidentifikasi masalah kegunaan umum.
    • Kekurangan: Tergantung pada keahlian penguji dan mungkin tidak mencakup semua masalah kegunaan yang dihadapi oleh pengguna nyata.
  4. Surveys and Questionnaires:
    • Deskripsi: Setelah menyelesaikan tugas, pengguna diminta untuk mengisi survei atau kuesioner yang mengevaluasi pengalaman mereka dengan produk.
    • Kelebihan: Mengumpulkan data dari banyak pengguna dengan cepat dan mengukur persepsi pengguna secara kuantitatif.
    • Kekurangan: Tidak memberikan wawasan mendalam tentang perilaku pengguna atau alasan di balik masalah yang dihadapi.
  5. A/B Testing:
    • Deskripsi: Membandingkan dua versi produk atau fitur untuk melihat mana yang lebih efektif dalam hal kegunaan dan kinerja pengguna.
    • Kelebihan: Memberikan data kuantitatif yang kuat tentang preferensi pengguna dan kinerja versi yang berbeda.
    • Kekurangan: Membutuhkan sejumlah besar pengguna untuk hasil yang signifikan secara statistik dan tidak memberikan wawasan mendalam tentang alasan di balik preferensi.

Tips untuk Pelaksanaan Usability Testing

  1. Mulai dari yang Sederhana: Mulailah dengan tes yang sederhana dan iteratif. Anda tidak perlu menguji semua fitur sekaligus. Fokuslah pada aspek-aspek yang paling penting dan sering digunakan.
  2. Gunakan Partisipan yang Relevan: Pastikan partisipan Anda mencerminkan target audiens produk Anda. Hal ini akan memberikan hasil yang lebih relevan dan dapat diandalkan.
  3. Buat Tugas yang Realistis: Buat tugas yang realistis dan relevan dengan konteks penggunaan produk. Ini akan memberikan gambaran yang lebih akurat tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk dalam situasi nyata.
  4. Fasilitasi, Jangan Mengarahkan: Sebagai moderator, fasilitasi pengguna untuk menyelesaikan tugas tanpa mengarahkan mereka. Biarkan mereka menemukan solusi sendiri, sehingga Anda dapat melihat di mana mereka mengalami kesulitan.
  5. Dokumentasikan Secara Mendetail: Rekam sesi pengujian secara audio dan video, serta catat semua temuan dan observasi. Dokumentasi yang mendetail akan memudahkan analisis dan pelaporan.
  6. Iteratif dan Berkelanjutan: Usability testing bukanlah proses sekali jadi. Lakukan pengujian secara iteratif dan terus-menerus sepanjang siklus pengembangan produk untuk memastikan peningkatan berkelanjutan.

Studi Kasus: Usability Testing pada Aplikasi Mobile

Untuk memberikan gambaran yang lebih konkret, berikut adalah contoh studi kasus penerapan usability testing pada pengembangan aplikasi mobile.

Latar Belakang: Sebuah perusahaan sedang mengembangkan aplikasi mobile untuk manajemen tugas dan waktu. Aplikasi ini ditujukan untuk profesional yang sibuk dan memerlukan alat yang efisien untuk mengatur tugas harian mereka.

Tujuan Pengujian:

  • Mengidentifikasi hambatan dalam navigasi aplikasi.
  • Mengetahui seberapa cepat pengguna dapat menambahkan dan mengatur tugas.
  • Mengukur tingkat kepuasan pengguna dengan antarmuka dan fungsionalitas aplikasi.

Metode Pengujian:

  • Think Aloud Protocol: Pengguna diminta untuk berpikir keras saat menavigasi aplikasi, menambahkan tugas baru, dan mengatur pengingat.
  • Task Analysis: Penguji mencatat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas, jumlah kesalahan, dan tingkat kesulitan yang dirasakan oleh pengguna.
  • Surveys and Questionnaires: Setelah sesi pengujian, pengguna diminta untuk mengisi kuesioner yang mengevaluasi kepuasan mereka dengan aplikasi.

Proses Pengujian:

  1. Perencanaan: Menetapkan tujuan pengujian, memilih metode pengujian, dan merekrut 10 partisipan yang mewakili target audiens (profesional yang sibuk).
  2. Pelaksanaan: Mengadakan sesi pengujian di laboratorium pengujian dengan partisipan yang dipilih. Sesi direkam menggunakan alat audio dan video.
  3. Analisis: Menganalisis data yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi masalah kegunaan, seperti kesulitan dalam menemukan fitur tertentu atau kebingungan dalam navigasi.
  4. Pelaporan: Menyusun laporan yang mencakup temuan utama dan rekomendasi perbaikan, serta mempresentasikan hasil kepada tim pengembang dan desainer.

Hasil Pengujian:

  • Hambatan Navigasi: Banyak pengguna kesulitan menemukan fitur pengingat. Direkomendasikan untuk memindahkan fitur ini ke lokasi yang lebih mudah diakses.
  • Waktu Penyelesaian Tugas: Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menambahkan dan mengatur tugas cukup lama. Direkomendasikan untuk menyederhanakan proses input tugas.
  • Tingkat Kepuasan: Sebagian besar pengguna menyatakan ketidakpuasan dengan antarmuka yang terlalu rumit. Direkomendasikan untuk melakukan redesign antarmuka agar lebih intuitif.

Implementasi Perbaikan: Tim pengembang dan desainer bekerja sama untuk mengimplementasikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil pengujian. Setelah perbaikan dilakukan, usability testing lanjutan diadakan untuk memastikan bahwa masalah telah terselesaikan dan aplikasi lebih mudah digunakan.

Kesimpulan

Usability testing adalah langkah kritis dalam proses pengembangan perangkat lunak yang memastikan produk akhir tidak hanya fungsional tetapi juga mudah digunakan dan memenuhi kebutuhan pengguna. Melalui proses yang terstruktur dan sistematis, usability testing membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kegunaan pada tahap awal, sehingga mengurangi biaya pengembangan dan meningkatkan kepuasan pengguna. Dengan metode yang tepat dan pelaksanaan yang efektif, usability testing dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam menciptakan produk yang berkualitas tinggi dan sukses di pasar.

yudho yudhanto uns solo
yudho yudhanto kompas com
yudho yudhanto dirjen vokasi
yudho yudhantookezone
yudho yudhanto inews
yudho yudhanto tribunews

Quote-Ku

When the wind of change blows, some build walls, while others build windmills.
Chinese Proverb

_____

Download

Source Script Buku Laravel

Source Script Buku Laravel

37.57 MB 773 Downloads