Semua Yang DIINGAT Akan Hilang – Yang DITULIS Akan Abadi

marketing 2024

Trend Marketing Digital 2024

in Bisnis by

Tren Marketing digital terus berkembang seiring perubahan perilaku konsumen, teknologi, dan dinamika pasar. Tren-tren ini bergantung pada berbagai faktor, seperti perkembangan teknologi baru, perubahan sosial, atau kondisi ekonomi global. Marketing digital memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi banyak perusahaan dalam upaya mempromosikan produk atau layanan mereka. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari marketing digital:

  1. Targeting yang Lebih Tepat: Marketing digital memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens Anda dengan sangat spesifik berdasarkan demografi, perilaku online, minat, dan preferensi. Ini memungkinkan Anda untuk mencapai orang-orang yang lebih mungkin tertarik pada produk atau layanan Anda.
  2. Biaya yang Lebih Efisien: Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan cetak atau TV, marketing digital seringkali lebih hemat biaya. Anda dapat mengatur anggaran Anda secara fleksibel dan mengoptimalkan pengeluaran Anda berdasarkan kinerja kampanye.
  3. Mudah Diukur dan Dilacak: Marketing digital memungkinkan Anda untuk mengukur dan melacak kinerja kampanye Anda dengan lebih akurat. Anda dapat melihat metrik-metrik seperti jumlah klik, tayangan iklan, konversi, dan ROI secara real-time, dan menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.
  4. Fleksibilitas dan Skalabilitas: Dengan marketing digital, Anda memiliki fleksibilitas untuk mengubah dan menyesuaikan kampanye Anda secara real-time berdasarkan respons pengguna dan perubahan dalam kebutuhan pasar. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi Anda secara cepat untuk mencapai hasil yang lebih baik.
  5. Interaksi dan Keterlibatan yang Lebih Besar: Marketing digital memungkinkan interaksi dua arah antara merek dan konsumen, yang memungkinkan keterlibatan yang lebih besar dan lebih otentik. Melalui media sosial, konten berbasis web, dan kampanye email, Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda.
  6. Akses Global: Dengan marketing digital, Anda dapat menjangkau audiens di seluruh dunia tanpa terbatas oleh batasan geografis. Ini memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan mereka dan menjangkau pasar yang lebih luas daripada yang mungkin terjadi dengan metode pemasaran tradisional.
  7. Pengoptimalan untuk Mesin Pencari (SEO): Marketing digital memungkinkan Anda untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web Anda di mesin pencari seperti Google melalui teknik optimasi mesin pencari (SEO). Dengan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, Anda dapat meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda dan meningkatkan kesadaran merek Anda.

Dengan kelebihan-kelebihan ini, marketing digital telah menjadi salah satu alat yang paling efektif dan efisien untuk mempromosikan bisnis dan mencapai target audiens dalam era digital saat ini.

Tren Ai dan Immersive

Tahun 2024, tahun politik bagi Indonesia. Namun ada yang membedakan trend ini dibanding tahun-tahun sebelumnya, yakni :

1. Penggunaan Ai (artificial intelligence) – penggunaan AI dalam kegiatan marketing akan semakin populer, karena AI dapat membantu dalam produksi konten, melakukan segmentasi audiens, hingga menganalisis sentimen publik pada suatu brand. Bahkan dapat juga membantu meningkatkan customer engagement dan memberi konsumen bantuan yang dibutuhkannya melalui penggunaan chatbot!

2. Storytelling dan konten “humanis” – audience akan lebih mengapresiasi konten yang bersifat “manusiawi”, maksudnya tuh mereka seakan diajak berbicara seperti teman. Jangan lupa untuk menerapkan elemen storytelling dalam kegiatan marketing, contohnya seperti membuat konten menggunakan tone of voice seakan sedang melakukan percakapan dengan audiens dengan bahasa yang sederhana.

3. Immersive dan interactive marketing – penerapannya dapat meningkatkan engagement dari audiens terhadap kegiatan pemasaranmu dengan cara membuat konsumen tahu apa yang bisa mereka dapatkan darimu serta membuatnya merasa dimengerti. Contoh paling sederhana dari kegiatan marketing ini adalah dengan memanggil audiens dengan namanya di email yang kamu kirimkan. Sedangkan Immersive adalah teknologi penggabungan dunia nyata dan maya, saat ini yang populer adalah VR (Virtual Reality) dan AR (Aughmented Reality).

4. Hyper-personalization – bukan sekadar memanggil audiens dengan namanya, kegiatan marketingmu harus memperhatikan buyer persona, strategi konten yang matang, dan data yang relevan. Sehingga 3 dapat membantumu dalam mengemas hyper-personalization yang sesuai dengan user journey seorang konsumen.

Dalam marketing, gagal itu biasa. Sedangkan luar biasa adalah ketika lekas bangkit dan bergerak kembali setelah evaluasi sebelumnya. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kegagalan dalam strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa penyebab umum kegagalan dalam marketing:

  1. Kurangnya Pemahaman tentang Target Pasar: Salah satu penyebab utama kegagalan pemasaran adalah kurangnya pemahaman yang cukup tentang siapa target pasar Anda. Tanpa pemahaman yang baik tentang siapa yang Anda coba capai dan apa yang mereka inginkan, Anda mungkin akan kesulitan menjangkau mereka dengan pesan yang relevan.
  2. Pemilihan Saluran Pemasaran yang Tidak Tepat: Memilih saluran pemasaran yang salah juga dapat menyebabkan kegagalan. Jika Anda tidak memahami di mana audiens Anda berada atau bagaimana mereka berinteraksi dengan merek, Anda mungkin menghabiskan sumber daya Anda di tempat yang tidak efektif.
  3. Konten yang Tidak Menarik atau Tidak Relevan: Konten yang tidak menarik atau tidak relevan tidak akan menarik perhatian audiens Anda. Ini termasuk konten yang terlalu promosional atau tidak memberikan nilai tambah kepada audiens. Konten yang buruk atau tidak relevan dapat mengurangi kepercayaan konsumen terhadap merek Anda.
  4. Kurangnya Konsistensi dalam Pesan Pemasaran: Konsistensi dalam pesan pemasaran sangat penting untuk membangun merek yang kuat dan membuat kesan yang konsisten kepada audiens Anda. Kurangnya konsistensi dapat membuat pesan Anda tidak jelas atau membingungkan bagi konsumen.
  5. Kurangnya Pengukuran dan Analisis Kinerja: Tanpa pengukuran dan analisis kinerja yang tepat, sulit untuk mengetahui apakah strategi pemasaran Anda berhasil atau tidak. Tanpa data yang cukup, Anda tidak akan dapat mengidentifikasi area di mana Anda perlu melakukan perbaikan atau menyesuaikan strategi Anda.
  6. Kurangnya Fokus pada Pengalaman Pelanggan: Pengalaman pelanggan yang buruk atau tidak memuaskan dapat menyebabkan kegagalan pemasaran. Jika pelanggan tidak puas dengan layanan atau produk Anda, mereka mungkin tidak akan kembali atau merekomendasikan merek Anda kepada orang lain.
  7. Tidak Mampu Beradaptasi dengan Perubahan Pasar: Pasar terus berubah, dan jika Anda tidak mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut, Anda mungkin ketinggalan. Perusahaan yang tidak fleksibel atau lamban dalam merespons tren pasar dapat kehilangan pangsa pasar kepada pesaing yang lebih responsif.
  8. Kurangnya Anggaran atau Sumber Daya yang Tepat: Terkadang, kurangnya anggaran atau sumber daya yang tepat dapat menjadi penghambat keberhasilan pemasaran. Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup atau tim yang berkualitas, Anda mungkin tidak dapat menjalankan kampanye pemasaran Anda dengan efektif.

Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang umum terjadi dalam pemasaran dan meningkatkan kesempatan Anda untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.


"Helping others is the secret sauce to a happy life." Contact : 0858-7903-7920 | 0818-43-82-89 eMail : yuda@mipa.uns.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest from Bisnis

Go to Top