Demam Aplikasi Android memang melanda!. Orang Indonesia ditantang tidak hanya sebagai pengguna, tetapi juga sebagai kreator aplikasi-aplikasi yang nantinya akan berkompetisi di Playstore.
Komitmen Google untuk melatih 100 ribu developer Android sampai 2020 masih berjalan. Saat ini Indonesia Android Kejar sudah masuk Periode 4 untuk Batch Ketiga. Selain melalui Indonesia Android Kejar, Google juga membawa kurikulum Android ke sejumlah Universitas di Indonesia.
Menurut Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen pada Google for Indonesia tahun lalu mengungkapkan setidaknya ada 80 Universitas di Indonesia yang telah bergabung.
Berikut modul-modul resmi dari Google Berbahasa Indonesia yang bisa kamu akses. Modul tersebut berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 jadi kamu bisa mengunduhnya gratis bahkan menyebarkannya ke teman-teman kamu.
Ada dua modul pembelajaran yang disediakan yaitu modul teori (concept) dan praktik (practical). Kamu pun bisa memilih Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Unit 1. Pengenalan Dasar Pemrograman Android
Unit 2. Merancang UI/UX
Unit 3. Background Task
Unit 4. Menggunakan Database
Unit 5. Penutup
Materi yang akan kamu pelajari dari modul praktikum ini ialah
Pengantar Unit 1. Mulai Pelajaran 1: Membangun Aplikasi Pertama Anda 1.1: Memasang Android Studio dan Menjalankan Hello World Membuat UI Interaktif Pertama Anda 1.2B: Menggunakan Layout 1.3: Menggunakan Elemen TextView 1.4: Mempelajari Tentang Sumber Daya yang Tersedia Pelajaran 2: Aktivitas 2.1: Membuat dan Memulai Aktivitas 2.2: Daur Hidup dan Keadaan Aktivitas 2.3: Aktivitas dan Maksud Implisit Pelajaran 3: Menguji, Men-debug, dan Menggunakan Pustaka Dukungan 3.1: Menggunakan Debugger 3.2: Menguji Aplikasi Anda 3.3: Menggunakan Pustaka Dukungan Unit 2. Pengalaman Pengguna Pelajaran 4: Interaksi Pengguna 4.1. Menggunakan Keyboard, Kontrol Masukan, Peringatan, dan Picker 4.2: Menggunakan Menu Opsi dan Tombol Radio 4.3: Menggunakan Bilah Aplikasi dan Tab untuk Navigasi 4.4: Membuat Recycler View Pelajaran 5: Pengalaman Pengguna yang Menyenangkan 5.1: Sumber Daya Dapat Digambar, Gaya, dan Tema 5.2: Desain Material: Daftar, Kartu, dan Warna 5.3: Mendukung Lanskap, Beberapa Ukuran Layar, dan Pelokalan Pelajaran 6: Menguji UI Anda 6.1: Menggunakan Espresso untuk Menguji UI Anda Unit 3. Bekerja di Latar Belakang Pelajaran 7: Tugas Latar Belakang 7.1: Membuat AsyncTask 7.2: Menghubungkan ke Internet dengan AsyncTask dan AsyncTaskLoader 7.3: Penerima Siaran Pelajaran 8: Memicu, Menjadwalkan, dan Mengoptimalkan Tugas Latar Belakang 8.1: Notifikasi 8.2: Alarm Manager 8.3: Job Scheduler Unit 4. Semua Tentang Data Pelajaran 9: Preferensi dan Setelan 9.1: Preferensi Bersama 9.2: Menambahkan Setelan ke Aplikasi Pelajaran 10: Menyimpan Data Menggunakan SQLite 10.1A: Database SQLite 10.1B: Menelusuri Database SQLite Pelajaran 11: Berbagi Data dengan Penyedia Materi 11.1A: Mengimplementasikan Penyedia Materi Minimalis 11.1B: Menambahkan Penyedia Materi ke Database Anda 11.1C: Berbagi Materi dengan Aplikasi Lain Pelajaran 12: Memuat Data Menggunakan Loader 12.1: Memuat dan Menampilkan Data yang Diambil Apendiks: Pekerjaan Rumah Pekerjaan Rumah Pelajaran 1 Pekerjaan Rumah Pelajaran 2 Pekerjaan Rumah Pelajaran 3, 4 Pekerjaan Rumah Pelajaran 5, 6 Pekerjaan Rumah Pelajaran 7, 8 Pekerjaan Rumah Pelajaran 9, 10, 11 Apendiks: Utilitas
Kalian , bisa SHARE ,untuk membantu teman-teman kalian yang pemula , atau baru ingin memulai belajar membuat Aplikasi Android.
Silahkan Download disini :